Jumat, 27 April 2012

Dampak Rotasi Bumi

Dampak Rotasi Bumi
Bumi yang nampak terlihat dan dirasakan kita Bumi adalah diam, tetapi secara tidak terasa Bumi kita adalah bergerak (berotasi), dijelaskan pada pengertian Bumi
Dalam putaranya Bumi rotasinya rentang waktu yang diperlukan adalah 23 jam 56 menit satu hari Siderik sama dengan satu hari bintang, berbeda dengan satu hari yang digunakan kita yaitu sehar-hari lamanya rata-rata adalah 24 jam, inilah yang dinamakan satu hari Matahari. Berarti di Ekuator Bumi berotasi dengan kecepatan 1.700 km perjam.
Akibat dari rotasi :
  1. Gerak rotasi Bumi menyebabkan terjadinya proses terbit dan terbenam benda langit yang setiap hari kita rasakan pergerakan ini disebut dengan pergerakan semu harian benda  langit.
  2. Akibat adanya rotasi Bumi ini, setiap wilayah Bumi mendapat giliran pergantian siang dan malam, namun pembagianya tidak sama, karena adanya kemiringan sudut sumbu rotasinya. Bagian yang menghadap matahari atau terkenan cahaya sinar Matahari ialah terjadi siang, sedangkan yang membelakangi Matahari menjadi gelap, bagian inilah mengalami malam. Oleh sebab itu masing permukaan Bumi mangalami satu kali siang dan satu kali malam dalam satu kali rotasi.
  3. Adanya rotasi juga menyebabkan terjadinya perbedaan gaya grafitasi daerah ekuator dan daerah kutub. Dan melahirkan pembelokan arah angin, dijelaskan dalam hukum ”Buys Ballot ”  Udara mengalir dari daerah maksimum ke daerah minimum, di belahan Bumi utara berbelok  ke kanan dan di belahan Bumi Selatan berbelok ke kiri.
     
     
    www.e-dukasi.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar