Kamis, 22 Desember 2011

Pemeliharan Lele Pada Kolam Semen

Pemeliharan Lele Pada Kolam Semen Ikan Lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat digemari oleh masyrakat kita, hal ini terbukti dengan banyaknya tenda-tenda pinggir jalan yang menjual pecel lele disetiap sudut kota. Selain itu juga jika kita bertanya kepada para pedagang sayur apakah jual ikan lele pasti jawabnya selalu ada, ini artinya bahwa peminat akan ikan ini sangat banyak didalam masyarakat. Ikan ini memang mempunyai rasa yang gurih dan nikmat walau hanya digoreng saja, terlebih kalau kita memakannya dengan membuat sambal pecel tentu rasanya sangat mantap…!. Selain harganya yang cukup terjangkau ikan jenis inipun termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini mempunyai daya tahan hidup yang cukup baik dengan kondisi air yang kurang baikpun ikan jenis ini bisa hidup dan tumbuh besar. Dari segi makanannyapun ikan ini dianggap mudah karena bisa diambil dari sisa-sisa makanan yang kita buang. Berdasarkan atas alasan tersebut diatas maka sayamencoba untuk memelihara jenis ikan ini pada kolam semen (permanen). Adapaun alasan pemilihan sarana yang kami buat adalaha sbb : Tidak merusak tanah pada lingkungan kita karena tidak menggal tanah tersebut. Agar ikan bisa terkontrol dengan baik, hal ini seperti ini akan sulit jika kita memelihara pada kolam tanah. Lebih aman dari gangguan hewan lain seperti ular dan belut Memudahkan penyortiran ikan karena ikan ini termasuk jenis kanibal dimana satu sama lainnya bisa saling memakan jika ukurannya berbeda. Adapun kelemahan dari pemeliharaan dengan kolam semen ini adalah : Biayanya cukup mahal Perlu memantaun air pada kolam jika air sudah mulai berbau terutama untuk masa pemeiliharan 1 bulan pertama. Sebagian orang berpendapat bahwa pemeliharaan ikan lele dengan metode yang saya pilih akan tidak efektif. Orang masih banyak yang beranggapan jika pemeliharaan tidak dengan media tanah maka perkembangan lele akan kurang baik serta pertumbuhannya akan sangat lambat. Tetapi saya mencoba dengan keyakinan yang saya punya bahwa apapun medianya kalau diurus dengan baik (makanan,air dan tempat yang bersih ) tentu akan membuat hasil yang baik pula. Saya mulai mencoba hal tersebut yang saya yakini dan ternyata kalau dengan metode yang saya pilih dan gunakan pertumbuhan ikan lele yang saya pemilihara tampaknya berjalan normal dan sesuai dengan perkembangannya jika dibandingkan dengan pemeliharaan pada media tanah. Mungkin ini adalah awal dari percobaan yang saya lakukan, sayapun tidak tahu bagaimana kelanjutanya nanti apakah akan berhasil sesuai dengan yang sekarang ini atau tidak. Akhirnya hanya do’a dan usaha yang bisa saya lakukan semoga beberapa bulan kedepan saya bisa melihat hasil yang memusakan. amin!!!. sumber: http://lelekolamku.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar